Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Advertisements
Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar - Saat Anda sedang mencari sebuah pekerjaan, maka sudah dipastikan jika Anda membutuhkan surat lamaran kerja. Karena jika Anda tidak menggunakan surat lamaran kerja untuk melamar sebuah pekerjaan ke sebuah perusahaan, aplikasi apa yang akan Anda berikan untuk perusahaan tersebut. Mungkin sebagian dari Anda masih ada yang bingung bagaimana membuat surat lamaran kerja resmi yang baik dan benar, karena itu saya akan memberikan beberapa contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk Anda.



Sebelum lanjut, Anda juga wajib mengetahui apa saja yang harus ada didalam sebuah surat lamaran kerja, diantaranya adalah :
  1. Promosi. isi surat sebaiknya mengundang kesan simpatik dengan cara menampilkan kelebihan yang dimiliki kedalam surat tersebut, namun perlu diingat, tulislah dengan gaya kata yang tidak berkesan sombong, namun sebisa mungkin juga jangan terkesan merendah. promosikan diri anda setepat mungkin.
  2. Impresif. buatlah pembaca terkesan waktu mulai membaca surat anda. Pakai kalimat yang baik serta menarik hingga mereka jadi tertarik buat tahu diri anda lebih jauh.
  3. Kelebihan anda. Tuliskan dengan baik berbagai hasil dan prestasi kerja ataupun pengalaman keberhasilan anda. buat bakal tempat anda bekerja tahu bahwasanya anda mempunyai prestasi serta pengalaman yang layak dipertimbangkan.
  4. Kosa kata. Pastikan kalimat yang singkat, simpel tetapi menarik. bikinlah penjelasan perihal diri anda yang singkat namun efektif.
  5. Gunakan bahasa penulisan yang baik dan benar usahakan sesuai dengan EYD, gunakan juga bahasa-bahasa yang lebih sopan dan santun karena hal itu akan menjadi nilai positif tersendiri bagi anda.
  6. Lengkapi semua persyaratan yang diminta oleh perusahaan, jangan sampai anda remehkan hal ini. Jika sampai anda remehkan maka jangan harap surat lamaran anda akan ditindak lanjuti.
  7. Tunjukkan kemampuan anda, jelaskan bahwa anda berkompeten dibidang ini atau itu, kalau perlu tunjukkan portofolio yang pernah anda buat, namun perlu anda ingat juga jangan terkesan terlalu menyombongkan kemampuan anda, siapa tau hal tersebut malah akan menjadi boomerang bagi anda.
  8. Terkadang seseorang lebih memilih mengirim surat lamaran kerja yang telah diketik dengan komputer kemudian dicetak, namun saya sarankan tulislah dengan tangan anda sendiri serapih mungkin, percayalah. Karena banyak yang bilang perusahaan bisa melihat kepribadian seseorang hanya dari tulisan tangannya saja.
Setelah Anda menyimak beberapa point penting yang harus ada di dalam sebuah surat lamaran kerja, langsung saja Anda lihat contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar berikut ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja 1 :

Sukabumi, 20 Februari 2013

Hal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Bapak / Ibu Pimpinan
PT. Lingkar Merah

Dengan hormat,
Sebagaimana iklan lowongan kerja dari PT. Lingkar Merah, seperti terpasang pada harian Depok News pada tanggal 27 Januari 2013. Saya mengajukan diri untuk bergabung dengan Tim Research and Development Tech Division pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Mengenai diri saya, dapat dijelaskan sebagai berikut:

Nama : ..........................
TTL : .......................
Agama : .......................
Jenis Kelamin: .......................
Alamat : .....................
Telepon/HP : ......................
Email : ...........................
Status Perkawinan : ..........................
Kewarganegaraan : .......................

Saat ini Saya bekerja sebagai staff pada Graduate Consulting Division PT. Lingkar Merah, dan Saya seorang cdt.MTI pada program pascasarjana Magister Teknologi Informasi di salah satu universitas negeri Bandung. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan hal berikut :

1. Pas foto terbaru.
2. Foto copy ijazah S-1.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Daftar Riwayat Hidup.

Demikian Surat Lamaran Kerja ini Saya buat dengan manaruh besar harapan untuk mendapat kesempatan wawancara langsung, dan dapat diterima untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang saya miliki. Atas perhatian Bapak/Ibu, Saya haturkan terima kasih.

Hormat saya,

(.......)

Contoh Surat Lamaran Kerja 2 :

Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Maju Jaya Terus Di Depan
Jl. Merpati Putih No. 3
Jakarta Pusat

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Maju Jaya Terus Di Depan yang termuat di harian Republika tanggal 6 Agustus 2012. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Maju Jaya Terus Di Depan.
Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama : ......................................
Tempat, tgl. lahir : ........................................
Pendidikan Akhir : ......................................
Alamat : ......................................
Telepon (HP) : ......................................
e-mail : ......................................
Status Perkawinan : ......................................

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik aktif maupun pasif. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Word, Excel, Acces, PowerPoint, OutLook dan beberapa software kantor lainnya. Saya juga mempunyai sertifikat internet dari Google inc.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
4. Pas foto terbaru.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,



(Nama Pelamar Kerja)

Demikian beberapa contoh surat lamaran kerja yang dapat saya berikan untuk Anda, semoga dengan adanya contoh surat lamaran kerja ini akan meringankan beban Anda dalam membuat sebuah surat lamaran kerja. 
Advertisements
thumbnail
Judul: Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar
100% 8 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Contoh, Contoh Surat :

 
Copyright © 2013. About - Disclaimer - Contact - DMCA - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz