Contoh Makalah Yang Baik dan Benar

Advertisements
Contoh Makalah Yang Baik dan Benar - Makalah adalah sebuah laporan karya ilmiah yang dibuat untuk membahas atau menjelaskan suatu masalah terhadap pihak-pihak tertentu. Makalah bersifat resmi, sehingga tidak sembarangan dalam proses pembuatannnya, banyak format-format yang harus dipatuhi dalam membuat suatu makalah. Tidak hanya itu, makalah dibuat juga untuk dipertanggung jawabkan atas kebenarannya, sehingga dalam pembuatannya tidak boleh asal-asalan.

Contoh Makalah Yang Baik dan Benar

Masih banyak sekali orang yang kesulitan dalam pembuatan makalah, karena itu saya akan memberikan sedikit informasi mengenai contoh makalah sesuai format yang baik dan benar agar Anda tidak keliru dalam pembuatannya. Langkah demi langkah harus dilewati secara terurut agar makalah yang dibuat sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah ditentukan.

Format Contoh Makalah :

Didalam sebuah makalah harus terkandung beberapa format yang harus dilewati secara teratur, diantaranya adalah :
  1. Bagian Pembuka Makalah
  2. Halaman Judul
  3. Halaman Pengesahan
  4. Kata Pengantar
  5. Daftar Isi
  6. Ringkasan Isi/Kesimpulan

Bagian Isi Makalah :

Sama seperti format makalah, pada bagian isi makalah pun harus diberikan urutan-urutan penulisan yang baik dan benar agar makalah yang kita buat langsung dapat diterima oleh pihak yang akan kita berikan. Bagian isi makalah yang terpenting adalah :
  1. Pendahuluan
  2. Latar Belakang Masalah
  3. Rumusan Masalah
  4. Pembatasan Masalah
  5. Tujuan Penilitian
  6. Manfaat Penilitian

Tinjauan Teori :

Dalam sebuah makalah, peninjauan teori sangat diperlukan. Karena teori itu adalah bagian terpenting dalam sebuah makalah, sehingga tidak boleh sembarangan dalam hal pengisiannya dan juga metode pembuatannya. Dalam melakukan peninjauan teori Anda diwajibkan untuk memberikan sub-sub bagian seperti  :
  1. Pembahasan Teori
  2. Kerangka Pemikiran dan Argumentsi Keilmuan
  3. Pengajuan Hipotesis

Kesimpulan dan Saran :

Kesimpulan dan Saran juga merupakan bagian terpenting dalam sebuah makalah, karena tidak jarang seseorang yang mengecek makalah kita langsung pada bagian kesimpulannya. Jadi Anda patut untuk membuat kesimpulan yang baik dan benar sesuai dengan pembahasan teori pada halaman-halaman sebelumnya.

Bagian Penunjang :

Bagian penunjang adalah sebuah formalitas saja dalam sebuah makalah, tapi jangan pernah meremehkan bagian ini. Karena dalam bagian penunjang terisi berbagai macam sumber darimana kita mendapatkan teori untuk mengisi makalah yang sedang kita buat. Didalam bagian penunjang terdapat beberapa unsur seperti berikut :
  1. Daftar Pustaka
  2. Lampiran-lampiran antara lain instrumen penelitian atau daftar lampiran
Dari sekian penjelasan mengenai aturan dan metode dalam pembuatan makalah diatas apakah masih membuat Anda bingung ?. Jika iya Anda bisa langsung melihat beberapa contoh makalah yang sudah mengikuti aturan atau kaidah-kaidah dalam pembuatan makalah berikut ini yang dapat Anda download secara gratis.
Demikianlah penjelasan sedikit mengenai contoh makalah yang baik dan benar, semoga dengan adanya artikel ini. Masalah Anda dalam pembuatan makalah dapat teratasi dan proses pembuatan makalah yang Anda lakukan dapat berjalan lancar tanpa kendala.
Advertisements
thumbnail
Judul: Contoh Makalah Yang Baik dan Benar
100% 8 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Contoh, Contoh Makalah :

 
Copyright © 2013. About - Disclaimer - Contact - DMCA - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz